Cara Membuat PayPal dari Hp

Cara Membuat PayPal



Tentang PayPal

Apa itu PayPal? Simplenya PayPal adalah jenis rekening online. jasa penengah atau biasa disebut dengan istilah “broker” yang populer di dunia saat ini, untuk transaksi online.
Paypal dapat di gunakan dalam berbagai transaksi seperti untuk bisnis online, jual beli barang, membeli software atau aplikasi, menerima pembayaran dari pihak lain secara online. Transaksi Paypal jauh lebih cepat dari pada cek atau pesan uang/money order. Berdiri sejak 1998, Saat ini jumlah pengguna PayPal mencapai lebih dari 237 juta, dan pengguna internet yang bertransaksi online lebih banyak memilih PayPal untuk mengirim pembayaran dan menerima bayaran. Selain mudah, PayPal juga telah mendapat kepercayaan dan juga kenyamanan untuk transfer pembayaran/uang online, dan data terakhir tercatat hampir 90% hingga 95% pembayaran eBay menggunakan rekening online PayPal dan eBay pun juga menggunakan rekening PayPal sebagai perantara pembayaran online bisnis mereka.

Berdiri sudah 20 tahun (2018), PayPal kini telah menjadi alat pembayaran terbesar di dunia dengan 237 juta+ akun terdaftar. PayPal dapat digunakan di lebih dari 189 negara, dan tersedia di 200 market/pasar, menarik dana dalam 56 mata uang dan menahan saldo di rekening PayPal mereka dalam 25 mata uang. PayPal juga mendukung e-commerce global yang memungkinkan transaksi dengan menunjukan lokasi, bahasa, dan mata uang yang berbeda di dunia.

Bagaimana cara kerja / penggunaan rekening PayPal?

Dengan kemampuan sebagai rekening/broker transaksi online, PayPal membuat seseorang/penggunanya mudah dalam melakukan pengiriman uang, yaitu hanya dengan menggunakan "alamat email penerima" yang di daftarkan untuk akun/rekening PayPalnya. Kemudian Pihak lain dan Anda tidak perlu melihat informasi kartu kredit atau akun bank. Hal ini lah yang menjadi salah satu kelebihan PayPal dalam menjaga keamanan data pribadi penggunanya dalam segi cara bertransaksinya.

Apabila Anda adalah pemburu dolar, mencari dan mengumpulkan pundi-pundi dollar lewat internet, maka Anda wajib mempunya rekening online, seperti PayPal ini.

Berikut adalah langkah-langkah/cara membuat Akun PayPal: 

Kunjungi situs PayPal.com, lalu cari Sign Up untuk akun personal/pribadi


1. Pilih Sign Up Sebelah Kiri Atau Akun Primarily

Kenapa akun Pribadi, kenapa tidak akun bisnis/akun premier?
Akan saya jelaskan di bawah in, Untuk pembuatan Akun PayPal di semua jenis akun, Anda tidak perlu memiliki kartu kredit, untuk membuatnya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini :

2. Masukan Email dan Password baru untuk PayPal
3. Isi Data lengkap Anda




















4. Buka Email Anda untuk Memverifikasi Pembuatan Akun PayPal

 
5. Masukan Password yang Anda buat tadi Lalu klik Confirm

6. Selesai. Akun Anda Berhasil dibuat

Berikut perbedaan akun di Paypal :

- Akun PayPal Personal

Dengan akun tipe ini Anda sudah dapat mengirim dan menerima pembayaran dan khususnya melakukan penjualan dengan eBay. Di akun Personal ini, Anda bisa menerima pembayaran dari pengguna akun Paypal terdaftar, namun tidak bisa menerima pembayaran dari kredit atau kartu debit. Untuk fee transaksi di Akun Personal tidak ada biaya untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Kelemahannya ada limit jumlah pembayaran yang dapat Anda terima setiap bulannya. Jika Anda hanya butuh akun pengumpul dolar sementara tipe akun ini cukup, tapi jika Anda ingin berjualan dan berbisnis produk dalam jumlah besar, tipe personal tidak cocok buat Anda. Namun tenang PayPal menyediakan opsi Upgrade Akun.

- Akun PayPal Premier

Tipe Premier ini hampir sama dengan akun Personal, bedanya pada tipe ini adalah Anda bisa menerima pembayaran dari Kartu Kredit/Credit Card, debit card dan rekening bank. Selain itu Anda juga bisa menggunakan fasilitas shopping cart dan alat laporan pembayaran (payment reporting tool) Akun PayPal Premier ini cocok digunakan untuk Anda penjual menengah yang ingin menjual produknya secara umum.

- Akun PayPal Business/Bisnis

Tipe Akun Business ini paling cocok digunakan untuk para pebisnis yang sekelas elite/besar atau online store. Pada tipe ini Anda bisa menggunakannya pada nama bisnis Anda, dan menggunakan laporan transaksi dan tool eBay tanpa adanya persyaratan mengenai jenis transaksi yang di gunakan. Tapi Anda hanya akan dikenakan biaya dalam menggunakan akun PayPal tipe Bisnis ini. Tapi jika saat ini Anda memiliki akun Personal atau Premier, Anda dapat melakukan upgrade ke akun Business.


Yang perlu anda tahu, PayPal tidak mengenakan biaya/fee pada pembeli dalam mengirimkan uang ke penjual. Tapi PayPal akan mengenakan biaya/fee kepada Penjual (penerima uang) sebesar 1.9% hingga 2.9% dari jumlah pembayaran yang diterima.

Pengalaman saya saat membuat akun PayPal, adalah PayPal bisnis, namun pada saat itu saya masih iseng-iseng aja untuk sekedar punya, namun setelah tau kapasitas saya membutuhkan Akun PayPal, saat itu juga belum ada saldo di dalam akun PayPal Bisnis saya, jadi saya putuskan untuk hapus akun dan mendaftar ulang di Akun PayPal Personal.

Apa bila anda akan menghilangkan limit penerimaan hingga 5-7juta, langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah verifikasi akun PayPal : 

Ada dua cara yang saya tahu tentang verifikasi PayPal, yaitu verifikasi menggunakan Kartu kredit Mastercard / Visa, dan kedua menggunakan Virtual Kartu Kredit atau lebih dikenal dengan VCC. Karena saya melakukan verifikasi PayPal menggunakan VCC jadi akan saya jelaskan verifikiasi menggunakan VCC

Verifikasi PayPal dengan VCC

Seperti saya jelaskan diatas VCC adalah Virtual Credit Card. Saat pertama kali Anda mendaftarkan Akun Paypal pasti status paypal Anda adalah unverified artinya keanggotaan Anda di PayPal baik Personal, bisnis maupun premier masih belum di akui sepenuhnya atau belum terverifikasi.

- Kerugian akun belum terverifikasi atau unverified adalah :

Jumlah transaksi terbatas atau di batasi dan yang paling membuat tidak nyaman yaitu tidak bisa di cairkan ke rekening bank lokal di Indonesia dan tidak bisa digunakan untuk pembayaran belanja di toko online yang mengharuskan Paypal Anda terverifikasi/verified.

Selain itu pula biasanya kontes-kontes berhadiah dollar yang banyak diadakan di internet kebanyakan mengharuskan pesertanya untuk me-verifikasi akun Paypal nya.  Jadi, ada Rugi toh Paypal kita tidak di verifikasi. Tapi Anda tidak perlu takut karena mengubah status PayPal unverified menjadi verified
sekarang cukup mudah, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengubah status PayPal Anda menjadi akun terverifikasi/verified. Yaitu menggunakan VCC
Berikut gambar cara mengisi VCC untuk verifikasi akun PayPal :

1. Pergi Ke Menu Wallet kemudian pilih Link a Card
2. Isi data diatas sesuai data VCC Anda
3. Bila Anda mengisnya dengan benar maka akan tampil seperti ini

Soo, untuk verifikasi paypal ini Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit, jadi bagi anda yang tidak punya/belum punya kartu kredit bisa juga memverifikasi akun PayPal, yaitu seperti diatas, Menggunakan VCC.

Berikut Manfaat akun PayPal yang berstatus Terverifikasi/verified adalah :

1. Anda dapat mengirimkan uang dalam jumlah yang tak terbatas jika status Anda adalah terverifikasi, namun transfer dana Anda akan terbatas jika masih berstatus belum terverifikasi.
2. Anda dapat melakukan penarikan dana PayPal ke bank lokal Indonesia jika sudah terverifikasi. Dan Anda tidak dapat melakukan penarikan dana ke bank lokal Indonesia jika akun Anda masih belum terverifikasi unverified. 

Baca Juga : Apa Itu VCC dan Kegunaan VCC?
Next Post Previous Post