Apa Itu Virtual Credit Card VCC?

Apa Itu Virtual Credit Card VCC?



Image Virtual Credit Card VCC

Tugiman Blog-Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, melakukan pembayaran online,  mungkin Anda pernah dengar VCC Virtual Credit Card/ Kartu Kredit Virtual namun belum tahu seperti apa dan apa saja fungsi dan keunggulannya? Berikut akan saya jabarkan Apa itu VCC
VCC adalah alat pembayaran belanja online mudah dan praktis tanpa menggunakan kartu kredit. Fungsi VCC sama seperti Credit Card/Kartu Kredit, hanya saja namanya Virtual Credit Card jadi tidak ada bentuk Fisikinya.


Berikut adalah ulasan tentang VCC:

VCC merupakan singkatan dari Virtual Credit Card atau Kartu Kredit Virtual. VCC merupakan salah satu dari sekian banyak jenis transaksi online, VCC menjadi solusi mudah bagi para pengguna bisnis online yang ingin melakukan belanja online, pembayaran, Promosi iklan atau melakukan proses verifikasi Akun online seperti PayPal, tanpa menggunakan Kartu Kredit. Di Kartu VCC ini hampir mirip dengan Kartu Kredit pada umumnya. Namun VCC hanya berisi 

Nomor kartu, Nama Pemilik, Jenis VCC (Biasanya Visa/MasterCard) Tanggal kadaluarsa VCC, dan CVV kemanan dalam bentuk Tertulis tanpa ada bentuk Fisik, yaitu adanya identitas VCC berupa 16 digit nomor kartu, dimana ada 3 digit nomor merupakan Card Verification Value atau CVV.

Sejak saya menjelajah Dunia Bisnis Online dari tahun 2013, VCC sudah banyak sekali digunakan. Mulai dari VCC gratis Promo dari Wallet2 baru, hingga VCC berbayar yang bisa kita dapat melalui Order Online. Karena banyak kemudahan dan pada saat itu pembatan VCC masih banyak yang bisa didapatkan secara gratis, dan banyak juga manfaat yang didapat menggunakan sarana pembelian online melalui VCC ini, membuat VCC makin banyak diminati. Selain itu juga, penggunaan VCC dirasa lebih aman, mudah dan nyaman dibandingkan harus menggunakan kartu kredit. Jadi VCC ini pengganti Kartu Kredit yang tidak semua orang punya, tapi tidak hanya dapat digunakan bagi orang yang tidak memiliki kartu kredit, Anda yang mempunyai Kartu kredit juga dapat menggunakan bagi Anda yang mau berbelanja/melakukan pembayaran online dan takut menggunakan Kartu Kredit Fisik. VCC juga bisa bertujuan untuk melindungi atau menggantikan Kartu Kredit secara sementara, dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Terlebih lagi dalam pembayaran atau berbelanja online, Anda tentu harus lebih berhati-hati dengan data-data pribadi Anda, khususnya penggunaan Kartu Kredit ini.

Jenis VCC yang saya tahu terbagi dari beberapa macam, tergantung dari lama waktu kadaluarsa VCC tersebut. Mulai dari exp date yang hanya 4 bulan, 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun dan lain sebagainya. Namun yang banyak digunakan termasuk saya pribadi yaitu menggunakan VCC yang 1 tahun saja.

Beberapa fungsi VCC yang saya ketahui dari brwosing-browsing internet, diantaranya sebagai berikut :
  • Lebih aman penggunaannya dibandingkan Kartu Kredit Fisik
  • Mempermudah belanja online
  • Mempermudah pembelian/pembayaran Software berbayar
  • Mempermudah pembelian/pembayaran domain website
  • Mempermudah Pembelian barang-barang di Market Online
  • Sebagai sarana Verifikasi akun misal Verifikasi PayPal

Jadi bisa disimpulkan fungsi VCC ini adalah sebagai sarana atau pengganti kartu kredit dalam  belanja online dalam melakukan transaksi pembayaran online.

Selain sebagai alat pembelian dan pembayaran secara online, VCC ini bermanfaat juga bagi Anda yang ingin memiliki akun PayPal lebih dari 1 akun. Jika menggunakan kartu kredit, mungkin Anda hanya dapat memiliki 1 akun PayPal. Tetapi dengan menggunakan VCC ini, Anda dapat memiliki lebih dari 1 akun PayPal Terverifikasi pastinya. VCC ini juga sangat membantu. Salah satu cara belanja aman dan mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan VCC ini.

Manfaat lain dari keunggulan penggunaan VCC yaitu Anda dapat melindungi data-data Anda dari pihak yang tidak bertanggungjawab, seperti yang telah disebutkan diatas. Karena biasanya bila tidak menggunakan VCC saat melakukan transaksi pembayaran, mungkin Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda yang asli. Hal ini tentu saja dapat beresiko bagi keamanan data pribadi Anda. 

Banyak pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang dapat menyalahgunakan data-data Anda. Dengan menggunakan Virtual Credit Card, resiko penyalahgunaam data pribadi Anda bisa di minimalisir, Anda tidak harus mengisikan data-data Anda, bila menggunakan VCC, Anda hanya diminta mengisi data Anda pada saat pendaftaran akun VCC.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai apa itu VCC dam pengertian VCC beserta fungsinya. Semoga informasi yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari info tentang Virtual Credit Card atau VCC dan kegunaan VCC menurut saya. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post