7 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog Abadi

7 Tips Meningkatkan Page View Blog

gambar tips ngeblog from pexel

Berikut ini adalah beberapa tips agar blog kita mendapatkan banyak pengunjung atau visitor, berikut 7 tips yang saya rangkum dari penelusuran google :

1. Sediakan konten yang berpotensi viral

Konten berpotensi viral berarti konten yang belum viral tapi memiliki sedikit banyak hubungan dengan konten yang Viral di internet

Kita tidak bisa menjamin konten yang kita buat akan menjadi viral. Tapi kita bisa mengupayakan agar konten tersebut memiliki peluang yang besar untuk menjadi viral.

Jangan bayangkan viral yang terlalu besar seperti video Despacito dll. Yang dimaksud berpotensi viral adalah konten tersebut banyak dishare oleh pengunjung/visitor ke social media. Seperti Facebook/Twitter/Instagram dll.

2. Temukan forum atau group sosmed yang relevan, dan aktiflah sebagai anggota

Dari forum atau group sosmed anda bisa mendapatkan backlink langsung (meskipun nofollow), dan anda juga bisa menjalin hubungan dengan anggota lain. Melalui forum tersebut kita berpotensi mendapat banyak pengunjung tentunya. Tapi bukan hanya itu saja kita juga bisa meminta pendapat tentang konten kita,  sehingga, tidak sedikit anggota forum atau group tersebut yang memberikan backlink di blog mereka juga untuk anda.

3. Jalin hubungan dengan blogger-blogger lain

Teknik-teknik di atas itu sebenarnya untuk menjalin hubungan dengan calon pembaca, atau istilahnya audience. Tapi ada yang lebih ampuh dan terarah kalau anda ingin mengembangkan blog dengan lebih cepat. Yaitu menjalin hubungan dengan blogger lain. istilahnya influencer.

Jadi begini:

Misalnya seorang audience share 1 konten anda ke social media. Orang-orang yang berstatus sebagai audience hanya punya sedikit pengikut dan bahkan mungkin dari pengikutnya mereka tidak ada yang tertarik dengan konten kita. Jadi tidak ada lagi yang klik hasil share dari audience.

Tapi misalkan konten anda di-share oleh influencer dengan 10ribu pengikut aktif. Maka potensi akan ada ratusan sampai ribuan orang yang akan datang ke website anda. Itu sebabnya penting untuk  blogger berhubungan dengan mereka para Influence

Cari blogger-blogger lain yang topiknya sama dengan anda. Google itu: “topik” + blog.
A. Follow akun social-nya yang aktif
B. Retweet/like, dan share konten mereka secara konsisten dan terarah
C. Berikan komentar yang berkualitas di blognya secara rutin
D. Pasang link menuju blog mereka di konten anda jika dibolehkan pemilik
E. Langkah B-D bertujuan agar mereka menyadari keberadaan kita dan supaya kesannya positif.

4. Ubah format judul supaya lebih menarik untuk di-klik atau di baca para pengunjung

Bayangkan anda sedang di Facebook, lalu ada 2 artikel dengan judul berikut:

1. Cara menurunkan berat badan
2. 9 Langkah menurunkan berat badan hingga 5kg dalam 14hari.

Kalau anda pilih yang kedua, berarti pemikiran anda sama dengan 95% manusia normal lainnya yang sedang berselancar di sosmed.

Ketika konten di-share, atau muncul di hasil pencarian Google, yang terlihat hanya judulnya. Jadi apakah seseorang akan melakukan klik atau tidak tergantung judul. Maka dari itu judul bisa secara instan meningkatkan traffic pengunjung pada konten anda.

di artikel dan judul terdapat 4 U dalam menulis judul, menurut Copyblogger:

1. Useful – menjelaskan manfaat untuk pembaca
2. Urgency – terkesan mendesak/darurat/penting
3. Unique – menyajikan ide utama dari sudut pandang yang berbeda dari konten lain
4. Ultra-specific – ditulis dengan spesifik

Intinya buatlah format judul yang jelas tapi jangan juga membuat format judul yang terlalu panjang.

5. Gunakan minimal 1 gambar untuk meningkatkan klik dan view

Mengupload gambar untuk konten, tidak memakan waktu lama, jadi jangan sampai anda melewatkan peluang traffic yang besar hanya karena sedikit malas atau tidak mengupload foto yang bebas dari copyright
Bila bingung untuk memilih foto/gambar, kita juga bisa mendapatkan foto/gambar gratis di situs seperti pexel

6. Buat konten tentang kumpulan artikel/blog atau tips yang umum

Kalau punya blog, saya sarankan minimal ada 1 konten kumpulan.

Konten kumpulan itu misalnya:

“10 blogger kesehatan terbaik di Indonesia”, “7 blogger sukses asal Jakarta”, “21 artikel tentang diet yang harus anda baca”, dsb

Intinya dalam 1 artikel berisi daftar blog atau artikel milik orang lain.

Ada 2 keuntungannya:

1. Konten seperti ini cenderung lebih populer daripada konten biasa
2. Bisa digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan dengan blogger lain.

7. Optimasi artikel untuk mesin pencari

Optimasi artikel agar SEO-friendly tidak lah terlalu sulit, tapi seringkali dibuat sulit oleh banyak blogger yang baru mengenal SEO dengan pemikiran yang campur aduk karena terlalu banyak membaca artikel tentan sEO itu sendiri.

Perlu di ingat, Jangan lakukan optimasi berlebihan. Artikel anda akan jadi seperti robot, sulit dibaca dan bisa jad sulit ditemukan mesin pencari google

Pada dasarnya, istilah artikel SEO juga merupakan bawaan dari SEO lama, dimana kita mencoba memanipulasi Google dengan memberikan persentase khusus untuk kemunculan kata keyword di artikel. Istilahnya keyword density.

Akibatnya, Artikel anda akan dianggap spam oleh Google, dan yang lebih parah lagi, pengunjung tidak akan puas dengan sajian bacaan anda.

Kita tidak menulis artikel untuk robot, tapi untuk manusia yang hidup. Jadi fokus utama anda adalah memuaskan manusia, ketika manusia sudah puas maka Google menempatkan anda di puncak secara otomatis tanpa anda berlebihan mengaturnya. 

Jadi dalam SEO modern, artikel yang SEO-friendly adalah artikel yang human-friendly/bersahabat dengan manusia/ mudah di pahami oleh manusia.

Itulah 7 tips yang saya rangkum dan saya pahami dari panduanim dot com. semoga artikel ini bisa membantu pembelajaran untuk para bloger pemula. jangan lupa untuk share dan subcribe/berlangganan untuk mendapatkan update terbaru dari Tugiman Blog.
Next Post Previous Post