Tips Berinvestasi Bitcoin

Tips Berinvestasi Bitcoin



Image btc
Getty Images

Tugiman Blog-Bagaimana tidak selangit? 1BTC (BTC adalah singkatan dari bitcoin) yaitu hampir seharga mobil baru, Harga  Bitcoin untuk hari ini (10 May 2018) adalah Rp129.937.976,7645. Suplai yang beredar terkini adalah 17 Juta koin dan total volume yang telah mengalami pertukaran Rp28.324.227.145.837

Source: www.coinGecko.com

Hampir Rp. 130jt harga 1 bitcoin. Woow.. Warbiazaa haha.. Berikut sekilas sejarah Bitcoin
Sejarah Bitcoin dimulai saat salah satu Cryptocurrency (Mata Uang Kripto) di ciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, sekaligus menjadi pelopor penggunaan teknologi blockchain pertama kali, serta penciptaan kode unik catatan transaksi yang bersifat kekal. Artinya, seluruh histori transaksi yang sudah tercatat pada Ledger Blockchain (buku besar blockchain) tidak bisa dirubah sama sekali oleh siapapun di dunia ini. Di artikel ini akan dibahas

Bitcoin adalah mata uang seperti halnya Dollar, Poundsterling dan lain-lain. Namun, Bitcoin bersifat digital serta mempunyai enkripsi data yang sangat kuat. Selain itu, Bitcoin merupakan mata uang pertama yang tidak bisa di kontrol nilainya oleh Institusi, Perusahaan, pemerintah, bahkan pencipta mata uang tersebut sekalipun. Desain Bitcoin merupakan teknologi transaksi Peer-to-Peer dimana transaksi tidak membutuhkan pihak ketiga yang selalu mengambil keuntungan. Mata uang kripto ini juga bersifat terdesentralisasi, artinya tidak berpusat pada satu administrator tunggal sehingga seluruh catatan transaksi dalam buku besar blockchain (Ledger Blockchain) bisa di kelola oleh seluruh pengguna Bitcoin di dunia.

Mau Investasi Bitcoin? 
Dibawah ini adalah artikel referensi untuk anda yang mau berinvestasi Bitcoin? Dikutip dari detiknet. Ini yang Perlu Diperhatikan jika ingin berinvestasi BTC

Berniat untuk melakukan investasi di mata uang digital? Perhatikan dahulu tips berikut agar tidak mengambil keputusan yang salah.

Bitcoin atau BTC menjadi sangat populer dalam beberapa tahun belakangan. Hal tersebut salah satunya dikarenakan kenaikan harganya yang signifikan sehingga potensi keuntungan dalam berinvestasi pada mata uang digital itu pun menjadi besar.

Nilainya yang cenderung mengalami peningkatan itu disebabkan tidak adanya korelasi antara BTC dengan kelas aset lain seperti ekuitas, obligasi, emas, hingga real estate. Selain itu, kelebihan lain yang ditawarkan oleh jenis cryptocurrency paling populer itu adalah kemudahannya dalam menjalankan pertukran mata uang asing

Meski menawarkan sejumlah kemudahan, bukan berarti berinvestasi pada BTC juga bisa dilakukan dengan sembarangan. Vijay Ayyar, General Manager Luno, sebuah perusahaan yang menawarkan aset digital, memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat Indonesia sebelum membeli BTC pertamanya.

Pertama, nominal BTC yang ingin dibeli, atau jumlah uang yang ingin digunakan, harus ditentukan terlebih dahulu. Vijay mengatakan bahwa kebanyakan investor pemula mengira mereka harus membeli satu BTC yang nilainya sudah menyentuh kisaran Rp 129 juta.

Hal tersebut menyebabkan para investor mengurungkan niatnya untuk membeli aset digital tersebut. Nyatanya, kata Vijay, semua orang dapat membeli hanya sejumlah kecil BTC, berapa pun nilainya.

Menambahkan penjelasan Vijay, Claristy selaku Kepala Operasional Luno Indonesia menyarankan agar berinvestasi dalam jumlah kecil setiap bulannya sehingga rata-rata harga dari investasi Bitcoin dapat dihitung sebelum dijual untuk mendapatkan keuntungan. Ia pun mengaku bahwa orang-orang cenderung melakukan investasi pada Bitcoin dalam jangka panjang.

Kedua, Vijay mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan platform atau layanan apa pun yang menjanjikan jaminan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Ada kemungkinan besar skema investasi tersebut adalah penipuan alias investasi bodong. "Dalam investasi Bitcoin, kamu tidak akan dijanjikan keuntungan yang pasti. Seluruh keuntungan tergantung ketepatan momen jual beli Bitcoin yang dilakukan. Investasi Bitcoin memberikan kebebasan untuk menentukan kapan aset tersebut ingin dijual atau sebaliknya," ujarnya.

"Ada sejumlah platform yang menawarkan layanan dalam membantu untuk membeli, menjual, serta menyimpan Bitcoin. Penting untuk mempelajari berbagai platform atau perusahaan yang ada," katanya menambahkan.

Ia turut mengatakan bahwa platform tersebut sebaiknya didukung oleh investor ternama, menyediakan sistem keamanan yang baik, serta mudah dalam penggunaannya.

(mag/mag)

Source
Next Post Previous Post