Mengenal AI Artificial Intelligence pada kamera Ponsel?

Gambar Labe Info News Tugiman Blog

Mengenal AI Artificial Intelligence pada kamera Ponsel?

Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada kamera ponsel pintar saat ini diprediksi akan menjadi masa depan tehnologi fotografi smartphone. Pengamat Gadget dan Pendiri Komunitas Gadtorade Lucky Sebastian mengungkapkan, keterbatasan ruang pada ponsel pintar akan membuka peluang bagi teknologi AI perihal fotografi.
"Bentuk ponsel sangat terbatas hanya memungkinkan meletakkan lensa dengan sensor kamera kecil, AI akan sangat membantu," ujar Lucky. Dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi, peran perangkat lunak sangat dibutuhkan.

Lucky memaparkan, AI menjadi 'suntikan baru' yang mampu menghasilkan foto berkualitas mendekati sempurna. Apabila AI memiliki kemampuan algoritma proses editing, maka pengguna seolah memiliki ahli photoshop dengan kemampuan poles mendekati sempurna.

Terkadang para penggemar foto selfie memang ingin tampil lebih cantik bila dibandingkan foto asli atau natural. Namun sebuah teknologi kecerdasan buatan yang baik akan memberikan sentuhan hasil akhir lebih akurat. Teknologi mampu mengukur seberapa jauh level warna kulit, kehalusan kulit, hingga besar bola mata.

Teknologi AI terbaik mampu mengukur 'vermak' terbaik sesuai tipe wajah, warna kulit, gender, ras, dan variabel lain. Apabila sebuah ponsel pintar sudah memiliki teknologi kecerdasan buatan tersebut, maka harus siap dari segi infrastruktur.

AI biasanya bekerja membutuhkan server sehingga bisa melakukan olah gambar. Setelah diolah, hasil foto baru bisa ditampilkan sehingga proses tersebut membutuhkan waktu.
Kecerdasan buatan juga bisa dilakukan pada System on Chip (SoC) yang sudah dibekali neural network. Hal tersebut membuatnya semakin pandai karena setiap hari berkenalan dengan sesuatu yang baru.

"Semakin lama digunakan maka hasil foto akan terus membaik," jelas Lucky. Hal tersebut sejalan dengan sifat AI, yakni machine learning yang belajar dari kebiasaan pengguna.

Tidak heran apabila dari hari ke hari hasil foto akan terus membaik. Ciri utama AI adalah sebagai machine learning sehingga selalu berubah membaik. Neural network menjadi bekal utama yang mampu mendukung perubahannya.

Perkembangan Tehnologi :

Kemajuan Tehnologi memang sangat pesat, lebih-lebih kemajuan tehnologi yang di kembangkan untuk smartphone atau ponsel pintar, konsole game, dan perangkat komputer mengalami perkembangan tehnologi yang semakin hari semakin baik, dan pastinya menguntungkan bagi penggunanya, oleh karena itu, semakim canggih tehnologi makan tidak heran semakin tinggi jug minat penggunanya. Sehingga membuat bandrol harga tehnologi itu pun tidaklah murah.

Terlebih konsumen sudah yakin terhadap merek-merek dagang barang elektronik yang mereka inginkan, jadi dengan harga yang sesuai dengan apa yang ditanamkan didalamnya, produsen pun yakin akan pemberian harga produk di pasaran sudah sesuai untuk para konsumennya.

Dalam kata lain, konsumen tidak perduli lagi dengan harga mahal atau high end, mereka cenderung mengutamakan dan menginginkan fitur-fitur unggulan yang ada pada perangkat tersebut.  Namun disi lain juga perkembangan tehnologi tidak selalu di tandai harga produk yang mahal, tapi masih banyal juga produk-produk yang memberikan harga pasar yang low end meskipun perangkat yang dipasarkannya memiliki kualitas tehnologi yang memadai. 

Selain itu, dilihat dari harga penjualan. Harga memang tidak pernah bohong, semakin mahal harga produk, maka jaminan kualitas produkpun meningkat. Seperti Garansi mesin, spertpart dan garansi lainnya yang di berikan produsen mulai dari 1tahun hingga 3tahun bisa membuktikan bahwa produk dijamin kualitasnya.

Namun, sebagai konsumen yang baik, kita harus tetap memfokuskan dengan apa yang sedang kita perlukan. Jangan sampai barang yang kita beli hanya akan membuat susah atau tidak berguna sama sekali untuk kehidupan mata hanya karena gelap mata.

Cukup sekian artikel dari saya, jangan lupa untuk share artikel kami. Thanks for reading.
Next Post Previous Post