Slank

SLANK

Source

TugimanBlog-Slank adalah sebuah grup musik di Indonesia. Dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena bosan bermain musik menjadi cover band dan punya keinginan yang kuat untuk mencipta lagu sendiri.

Dan berhasil menjadi salah satu musisi bersejarah dan dikenang serta berpengaruh sepanjang masa di Indonesia. Selain itu Slank juga pernah menyandang predikat Indonesia's Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) pada tahun 2008 dan 2009. Dalam website resminya slank.com, slank membuat formasi baru dalam bermusik yaitu


METAMORFOSLANK

Dengan formasi dan format baru dalam bermusik, SLANK pun kembali melepaskan album terbaru dengan formasi yang baru. Album ke-7 SLANK ini diberi judul TUJUH dan diluncurkan pada Januari 1998 dengan hit single BALIKIN yang video klipnya dibintangi Wanda Hamida. Lagu balikin ini bermakna sangat besar bagi Slank, karena lagu ini mewakili isi hati Bimbim, Kaka, dan Ivanka ingin sehat dari ketergantungan mereka terhadap narkoba.

Selain itu, mereka juga merasa iri karena Abdee dan Ridho yang benar-benar bersih dari narkoba bisa merasakan hidup enak tanpa ketergantungan obat terlarang. Hal ini lah yang menguatkan niatan Slank untuk sembuh. Album pertama SLANK Formasi 14 ini berhasil terjual sebanyak 1 juta copy hanya dalam hitungan minggu. Dalam album yang covernya berisi beragam simbol yang nggak asing dilihat mata ini, terdapat salah satu lagu yang batal SLANK luncurkan karena takut kena sensor, yaitu lagu “Siapa Yang Salah”. Maka dari itu, hanya lirik dari lagu tersebut yang hanya ditampilkan di album ketujuh SLANK ini.

Setelah itu, SLANK pun mendapat tawaran dari pihak Sampoerna A Mild untuk menggelar konser PISS 30 Kota yang saat itu dipegang oleh Deteksi Production. Saat menjalani tour konser PISS 30 Kota inilah Kaka dan Bimbim melakukan pendekatan dengan Abdee dan Ridho. Pendekatan ini lebih sering dilakukan di bus yang digunakan untuk tour konser PISS 30 Kotayang saat itu memasuki Pulau Sumatera, dan saat SLANK berlima bikin lagu aja. Hal ini terjadi dikarenakan Kaka dan Bimbim lebih sering menghabiskan waktu di dalam kamar hotel. Kesuksesan tour Konser PISS 30 Kota persembahan Sampoerna A Mild pun diabadikan SLANK dalam bentuk album live kompilasi yang diberi judul A Mild Live PISS 30 Kota dengan bonus 2 lagu baru yakni Makan Nggak Makan dan PINTU. Mulai dari sinilah nama SLANK kembali bangkit dan berjaya di industri musik Indonesia.

Nggak lama setelah itu, SLANK kembali meluncurkan album kedelapannya yang diberi judul Mata Hati Reformasi dengan desain cover yang mengartikan makna lagi judul album tersebut. Dalam album yang resmi diluncurkan pada Mei 1998 ini, SLANK dinilai lebih garang dengan terdapatnya lagu yang berirama keras seperti lagu NAGIH dan PUNK JAVA. DI album yang waktu rilisnya tak lama setelah reformasi yang terjadi di Indonesia ini, SLANK lebih banyak bercerita tentang apa yang terjadi di Indonesia selama setahun sebelum reformasi. Salah satunya adalah lagu AKTOR INTELEKTUAL yang dinyanyikan oleh Bimbim. Selain berisi lagu yang bertema sosial politik, tentunya di lagu ini juga terdapat lagu yang bertema cinta. Seperti lagu FULL MOON BLUESyang dimainkan SLANK secara akustik. Di tahun ini pula SLANK menelurkan VCD Karaoke yang berisi lagu-lagu kompilasi dari album pertama SLANK yang direkam ulang oleh SLANK Formasi 14. VCD Karaoke yang diterbitkan dalam 2 seri ini diberi judul X-1 dan X-2.

Tahun berikutnya, SLANK kembali membuat gebrakan di blantika musik Indonesia dengan menelurkan double album yang berisi lagu baru yang diberi judul 999+09. Album kembar yang proses pembuatannya dilakukan di 3 tempat berbeda ini dibedakan dengan warna yang jadi inisial dari album kembar tersebut.

Yang satu dikasih judul 999+09 BIRU satu-satunya lagi 999+09 HITAM. Dalam album 999+09 BIRU, SLANK mengandalkan lagu Bintang Kesiangan sebagai lagu jagoan, dan untuk di album 999+09 HITAM, SLANK memilih lagu Orkes Sakit Hatidengan proses video klip yang dilakukan di tengah demonstrasi. Di album yang ber-bonus kantong saku SLANK ini, untuk pertama kalinya SLANK menelurkan lagu dalam bahasa Inggris yang berjudul Teddy Bear. Keunikan lain yang terdapat di album kembar SLANK ini adalah terdapatnyakamus SLANK 999+09 yang bisa dipergunakan untuk menerjemahkan bahasa khusus SLANK yang menerangkan tentang kronologi pembuatan double album999+09. Selain itu, lirik dari total 27 lagu yang terdapat di double album 999+09 juga nggak diikutsertakan di dalam album ini. Jadi bagi Slankers yang ingin tahu lirik lagu tersebut bisa melihatnya di situs resmi SLANK yaitu http://slank.com

For Some Info : Bimbim akhirnya menemukan Bidadari Penyelamatnya yaitu Renny Setiawati dan Setelah merilis album kembar ini, Bimbim menikahi wanita keturunan Aceh tersebut pada 22 Oktober 1999. Saat ini, Bimbim dan Renny telah memilikii dua orang anak yaitu Mezzaluna D’azzuri dan TallulahAlami.

Source
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url