Apa itu Backlink?

Apa Itu Backlink?

Image backlink tugimanblog
Source


TugimanBlog - Backlink mempunyai nama lain yakni Pranala balik. Sedangkan menurut wikipedia.org

Backlink adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Inbound link yang awalnya penting (sebelum munculnya mesin pencari) sebagai dasar navigasi web; hari ini, kepentingannya terletak pada peringkat dari search engine optimization (SEO).

Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (misalnya, ini digunakan oleh Google untuk menentukan PageRank dari halaman web). Di luar SEO, Backlink halaman web mungkin kepentingan pribadi, budaya atau semantik signifikan: mereka menunjukkan siapa yang membuat perhatian ke halaman tersebut.

Pengertian Backlink secara Sederhana:
  • Backlink adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web dalam terminologi dasar link.
  • Backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.
  • Backlink itu adalah tautan yang mengarah ke situs anda. Baik aktif maupun tidak aktif.

Misal, Anda mempunyai sebuah gambar yang anda buat sendiri di blog atau website anda, lalu anda pasang gambar itu di blog anda. Kemudian ada blogger lain secara sengaja mengambil gambar yang anda buat tersebut. Dan ia pasang di blog miliknya untuk menghargai anda, blogger tersebut mencantumkan link aktif berupa sumber gambar yang mengarahkan ke situs anda.

Contoh pemberian backlink:

Gambar dari www.namabloganda.com
Sumber: www.namabloganda.com
Source

Contoh diatas merupakan sebuah penanamam backlink. Karena sudah menyebutkan sumber, maka secara tidak langsung, orang yang mengambil gambar di website anda tersebut telah memberikan Backlink ke website anda.

Jenis backlink juga terbagi menjadi dua bagian:

  1. Backlink Dofollow: Secara singkat, Dofollow adalah backlink yang dapat di klik sehingga mengarah langsung ke situs yang dimaksud. Misalnya seperti kasus gambar tadi. Saya memberikan backlink kepada anda. "Sumber: www.tugimanid.blogspot.com" (link aktif, bisa diklik) Jika kita klik tulisan tersebut, apa yang akan terjadi? Yang pasti kita akan dialihkan website tersebut. Itulah yang dimaksud dengan backlink Dofollow. Intinya seperti ini, Backlink Dofollow adalah backlink yang dapat diklik.
  2. Backlink Nofollow: Ini adalah kebalikan dari backlink Dofollow. Apabila Dofollow dapat diklik, maka Nofollow tidak dapat diklik, backlink yang satu ini sama dengan tulisan biasa. Misal: Image: www.Indoworx.com (Bukan link aktif, tidak bisa diklik) Itulah yang dinamakan backlink Nofollow.

Jadi sampai disini saya harap anda sudah mengerti apa itu yang dimaksud backlink dofollow dan nofollow. Backlink dofollow merupakan link aktif dan dapat diklik, sedangkan backlink nofollow merupakan link tidak aktif dan tidak dapat di klik.

Sumber: TugimanBlog (Dofollow)
Sumber: TugimanBlog (Nofollow)

Baca Juga : Cara Menautkan YouTube dengan Google Ads


Manfaat Backlink

Salah satu manfaat Backlink adalah untuk SEO. Bahkan tidak tanggung-tanggung, backlink sangat memiliki peranan besar untuk ranking blog anda di mesin pencarian Google

Semakin banyak backlink yang mengarah pada website anda, maka semakin baik pula kualitas blog kita di mata mesin pencari.

Dengan menanam dan mendapatkan backlink yang berpengaruh positif tersebut anda harus mencari backlink yang berkualitas, yang didapatkan dengan cara alami.

Bukan backlink hasil nyepam sana sini di komentar blog orang. Bahkan, Backlink hasil nyepam justru berdampak buruk terhadap rangking blog anda.

Pihak Google sendiri yang mengatakan bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebuah situs website maupun laman website salah satunya adalah faktor backlink.

Namun seperti yang sudah saya sebutkan, Google lebih suka backlink-backlink yang berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Walaupun kita tahu bahwa mendapatkan backlink yang berkualitas itu tidak mudah, akan tetapi masih ada cara untuk mendapatkannya.


Dalam artian masih dapat membangun backlink berkualitas meskipun tidak mudah.

Lalu bagaimana caranya mendaptakan backlink yang berkualitas? 

Membeli Backlink, ya membeli backlink pada situs-situs penyedia backlink adalah salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan backlink berkualitas, meski anda harus mengeluarkan biaya, namun bila itu bagus untuk perkembangan blog anda why not?

Sedangkan Untuk mendapatkan backlink organik, sangat susah terlebih bila konten blog anda sudah banyak di bahas di situs atau blog lain.

Oleh sebab itu, satu backlink berkualitas dari suatu situs besar, maka akan mendongkrak ranking website anda di mesin pencarian google.

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan anda tentang Apa itu Backlink.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Website Murah Surabaya
    Website Murah Surabaya 14 June, 2022 14:42

    artikel yang bermanfaat

Add Comment
comment url