Cara Daftar Google AdSense Terbaru

Cara Daftar Google AdSense Terbaru

Gambar cover google adsense tugiman blog

Apa sih Google AdSense dan bagaimana cara Mendftarnya? Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia blogging selain memang hobi menulis pasti keinginan lainnya adalah ingin menghasilkan uang daripada hobby atau sekedar membagikan kisah pribadi Anda. Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah melalui program pengiklan terpopuler sedunia milik google yaitu Google AdSense.

Disini saya akan mencoba menjelaskan dengan detail tentang bagaimana cara Mendaftar Google AdSense untuk blog anda


Apa Itu Google AdSense?

Sebelum masuk ke tutorial atau cara mendaftar Google AdSense, ada baiknya anda mengetahui apa itu Google AdSense? Google AdSense adalah program periklanan milik Google yang memungkinkan para blogger maupun YouTuber menghasilkan uang dengan memasang iklan dari AdSense pada website maupun video mereka dan mendapatkan uang ketika iklan di klik oleh pengunjung.

Adapun iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense, berupa text, gambar, video maupun bentuk animasi lainnya. Dan hebatnya iklan Google AdSense bertaraf Internasional (otomatis menampilkan iklan sesuai wilayah pengunjung) secara yang punya google.



Syarat Mendaftar Google AdSense

Sebelum Anda mendaftar untuk Google AdSense, Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi seperti berikut :


  • Pastikan Anda sudah memiliki blog atau website aktif
  • Berusia di atas 18 tahun, karena syarat harus menggunakan data E-KTP, atau jika usia Anda belum 18 tahun, Anda bisa menggunakan data saudara atau orang tua.
  • Anda harus memiliki akun email Google atau akun Gmail aktif.


Cara Mendaftar Google AdSense

Cara pendaftaran AdSense sebenarnya mudah, namun untuk proses persetujuan iklan agar bisa tayang di blog atau website atau situs Anda bisa memakan waktu yang lumayan lama. Ini dilakukan Google dengan alasan agar menjaga kualitas kemitraan Google AdSense itu sendiri dan para pengiklan yang sudah membayar layanan AdSense.

Baca Juga : Cara Mengambil Uang Kiriman Wester Union (WU)


Selain itu Google menerapkan persyaratan yang ketat bagi para publisher blog atau website untuk memastikan apakah calon situs web yang di daftarkan AdSense berkualitas dan memenuhi persyaratan untuk menjalankan kemitraan Google AdSense



Berikut Langkah-langkah Membuat Akun Google AdSense



  1. Pertama, kunjungi situs Google AdSense disini Daftar Google AdSense.
  2. Setelah itu, silahkan klik tombol “Sign Up” di pojok kanan atas untuk melakukan pendaftaran AdSense.
  3. Anda diharuskan untuk memasukan akun Gmail, Anda juga dapat menggunakan akun Gmail yang sudah ada.
  4. Selanjutnya Anda diharuskan untuk membuat akun AdSense untuk website Anda dengan memasukkan alamat situs blog atau website Anda. Untuk URL situs web gunakan alamat blog Anda, dan pastikan untuk menambahkannya tanpa "http:// atau https:// "
  5. Setelah itu ada pilihan untuk mengaktifkan informasi saran dari AdSense “Get out more of AdSense”, biasanya informasi ini berisikan tentang saran dari AdSense untuk mengoptimalkan iklan Anda dan informasi selanjutnya akan dikirimkan melalui email atau notifikasi pada akun AdSense Anda.
  6. Selanjutnya Jika Anda setuju dengan informasi tambahan AdSense, pilih “Yes, send me customized help and performance suggestions” atau “No, don’t send me customized help and performance suggestions” jika tidak menginginkannya.
  7. Selanjutnya Anda harus memasukan Wilayah atau nama negara, isi bagian ini dengan nama negara Anda. Jangan lupa untuk mencentang ketentuan dan pedoman perjanjian AdSense, lalu klik tombol “ Get Started”.
  8. Setelah proses diatas, Anda akan langsung dibawa ke bagian halaman akun AdSense Anda dan akan muncul beberapa popup, langsung saja klik tombol “Get Started”.

Mengisi Detail Alamat Pembayaran AdSense


  1. Selanjutnya Anda akan dibawa ke langkah untuk mengisi informasi tentang pembayaran atau “Payment Address Detail”. Pada bagian ini usahakan jangan salah dan sesuaikan dengan KTP atau SIM Anda. Karena ini akan berhubungan ketika mencairkan dana dari AdSense.
  2. Pilih Account Type dengan “Individual” jika Anda blogger biasa atau mengelola blog sendiri, dan “Business” jika situs Anda merupakan situs bisnis yang besar seperti contoh : portal berita Detik atau Kaskus.
  3. Selanjutnya masukkan nama, alamat lengkap, propinsi, kode pos dan juga nomor hanphone Anda. Dan klik “Submit”.
  4. Selanjutnya Anda diharuskan untuk melakukan verifikasi nomor hanphone Anda dengan pilihan verifikasi lewat sms atau panggilan telepon. Untuk contohnya silahkan pilih : “Text Message” dan klik “Sent Verification Code”.
  5. Silahkan tunggu beberapa saat maka Google akan mengirimkan sms ke nomor handphone Anda. Silahkan masukkan kode tersebut pada kolom verifikasi kode. Jumlah kode umunya 6 digit angka. Jika sudah silahkan klik tombol “Submit”.
  6. Selanjutnya jika proses diatas berhasil. Anda akan mendapatkan kode AdSense, dan copy kode HTML tersebut dan paste kan pada situs Anda tepat di antara tag <head> dan </head> atau dibawah tag <head>.
  7. Jika Anda pengguna WordPress maka buka file header.php yang berada pada menu Appearance » Editordan cari file header.php pada bagian samping kanan, jika sudah silahkan cari tag <head> paste kode AdSese setelah tag tersebut.
  8. Jika sudah Anda paste pada header Anda, silahkan centang pilihan “I’ve pasted the code into my site” dan klik tombol “Done”.
  9. Dan proses pendaftaran AdSense Anda sekarang sudah selesai, selanjutnya Google akan melakukan tinjuauan pada situs blog Anda dan ini biasanya memakan waktu minimal 2 hari/ bisa lebih lama tergantung kelayakan situs Anda.
  10. Selama masa menunggu silahkan untuk banyak-banyak berdoa, dan juga memposting artikel-artikel agar Google AdSense menerima lamaran Anda sebagai publisher AdSense.
  11. Apabila situs Anda diterima untuk menayangkan iklan di situs Anda oleh Google AdSense maka Anda akan mendapatkan email pemberitahuan dari Google AdSense dan melihat iklan AdSense muncul di situs blog atau website Anda dan jika tidak maka Anda juga akan menerima email pemberitahuan dari Google AdSense juga berikut alasan kenapa situs Anda belum layak dan memberikan beberapa poin apa saja hal yang perlu Anda perbaiki.

Nah itu lah Cara Daftar Google AdSense Untuk Blog atau Website, semoga situs Anda cepat mendapatkan notifikasi yang kalian harapkan yaitu diterima kemitraan untuk menampilkan iklan AdSense pada blog atau website Anda. Good luck.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • benny
    benny 30 April, 2022 07:10

    Nice info

Add Comment
comment url