Mengenal Optimasi SEO dan Manfaat SEO

Mengenal Optimasi SEO Fungsi dan Manfaatnya

Gambar SEO tugiman Blog
gambar oleh: pexels.com


Apa sih SEO, Optimasi SEO itu apa? Fungsi dan Manfaatnya?
Ok guest, kali ini Tugiman Blog akan membahas tentang SEO, tentunya anda harus tahu dulu apa itu Pengertian dari SEO dan untuk apa fungsi dan tujuan kita mengenal dan mempelajari SEO? Singkat padat jelas akan saya coba jelaskan dibawah ini agar otak anda tidak lelah dalam mengartikannya.
Mengetahui dasar-dasar yang sering dipakai dalam ilmu SEO adalah hal wajib dan menjadi suatu keharusan untuk diketahui para blogger.

Pengertian SEO ( Search Engine Optimization )

SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Definisi atau pengertian dari SEO secara sederhananya adalah berbagai usaha/ Usaha publisher melakukan optimalisai pada sebuah blog atau situs yang tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah visitor atau pengunjung yang datangnya dari mesin pencari atau search engine secara apa adanya. Jadi menurut Tugiman Blog " mempermudah mesin pencari mengindeks artikel yang ada di blog/situs kita dengan menggunakan optimalisasi kata-kata pada judul dan isi Artikel" yang paling sering di cari melalui Mesin Pencari. Effort para pakar SEO ini yang biasa dikenal dengan istilah Optimasi SEO.
Optimasi SEO sendiri digolongkan menjadi 2 golongan jenis Optimasi SEO yaitu
1. Optimasi SEO On Page
Sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari dalam blog atau website itu sendiri.
2. Optimasi SEO Off Page
Kebalikan dari optimasi SEO on page itu sendiri yaitu sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar blog atau website.

Kemudian dari segi teknisnya Optimasi SEO digolongkan lagi menjadi 2 yaitu

1. Teknik WhiteHat SEO

Suatu teknik optimasi SEO yang dilakukan secara alami. Artinya teknik optimasi whitehat SEO ini dilakukan secara Legal, tidak menyalahi aturan Term Of Service mesin pencari.  Teknik ini sangat dianjurkan karena lebih aman dan alamiah jika digunakan. Seperti meng Crawl url langsung menggunakan webtools google.

2. Teknik BlackHat SEO

Suatu teknik optimasi SEO yang dilakukan dengan cara-cara kotor, yang apabila dilakukan bisa mengakibatkan masalah fatal dari Google dan mesin pencari lainnya. Karena Teknik blackhat SEO  ini melanggar TOS (term Of service) atau aturan main dari sebagian mesin pencari termasuk mesin pencari Google.  Contohnya saya tidak jelaskan karena bisa memancing anda untuk melakukan. Jadi saran saya  jangan pernah sekali-kali mencoba melakukan Teknik black hat SEO ini karena teknik ini merupakan suatu teknik optimasi SEO yang iLegal, untuk jangka panjang tentu tehnik ini sangat merugikan blog / situs anda.

Manfaat SEO

Ketika kita membangun sebuah website tentunya kita ingin agar website kita khususnya artikel-artikel dalam blog / situs itu banyak dikunjungi visitor atau mendapatkan PageViews yang banyak dan Konsisten. Setelah website kita dikunjungi oleh banyak visitor, maka tentunya kita akan dengan mudah melakukan promosi apapun dalam website kita. Baik itu promosi produk, jasa ataupun hanya sekedar ingin menunjukkan eksistensi kita saja didunia maya. Tapi bagi anda yang memiliki jiwa bisnis besar tentunya hal ini akan anda konversi menjadi hal yang menghasilkan dan menguntungkan. Tidak lain menjadi publisher Google AdSense.

Untuk mendapatkan pengunjung yang konsisten pada blog / situs kita tentunya kita harus mempunyai konten yang baik dan banyak dicari oleh para pencari informasi. Bagi orang yang memiliki modal uang besar tentunya hal ini mudah saja dilakukan, kita bisa pasang iklan diwebsite orang lain yang sudah banyak pengunjungnya. Tapi bagi orang yang memiliki modal uang terbatas untuk memasang iklan ini tentunya menjadi masalah tersendiri. Alternatif lainnya mau tidak mau kita harus cari cara gratis agar website dan blog kita banyak pengunjungnya. Caranya seperti tadi diatas memaksimalkan ilmu melakukan Optimasi SEO website dan blog kita sendiri.

Tujuan dari dilakukannya Optimasi SEO ini tidak lain yaitu untuk menempatkan posisi website dan blog kita ada pada posisi teratas dari hasil pencarian pada mesin pencarian. Oleh karena itu jangan berharap langsung di puncak. Semua bertahap, yang terpenting kita paham dulu tujuan kita membangun blog /situs kita dan memanfaatkan ilmu Optimasi SEO yang kita punya.

Jadi kesimpulannya adalah kebanyakan pengguna Internet akan lebih mengutamakan website dan blog yang muncul paling atas ketika mereka sedang mencari suatu artikel misal pada pencarian google dan mengkliknya terlebih dahulu. Sebelum mengklik link web yang lain dibawahnya. Jadi, bagi blog dan website yang beruntung bisa muncul di halaman pertama pencarian google tersebut tentunya akan mendapatkan pengunjung gratis yang banyak dan melimpah dari mesin pencari. Tapi jangan khawatir fokus dan tujuan kita sebagai pemula, berusaha untuk bisa membuat artikel kita secara alamiah muncul di mesin pencari urutan berapapun itu. Kalau sudah muncul, secara tidak langsung ilmu Optimasi SEO kita berarti membuahkan hasil.

Baiklah saya tidak akan membuat anda menjadi lebih pusing lagi. Jadi baca perlahan dan artikan sendiri dengan logika anda.. SEO itu universal. karena pada dasarnya anda misal anda tidak mengerti SEO pun mungkin anda sedang Men SEOkan blog / situs anda dengan cara SEO yang anda pahami menggunakan logika anda sendiri.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • benny
    benny 31 March, 2022 13:14

    Nice info

Add Comment
comment url